Selasa, 31 Maret 2009

Review Naskah Bencana Jawa karya Yanky

Review Naskah Novel Fiksi 'Bencana Jawa'

Tema besar novel yang sedang diangkat oleh Yan Ky cukup menarik. Langka banget kalo novel ini jadi diterbitkan. Pasalnya, ide kisah cerita yang ada di dalamnya nyaris terlintaskan oleh pengarang-pengarang lain.
Dari bobot isi ceritanya, Yan Ky telah memberikan suguhan yang bisa menyentak pembacanya. Memberikan kejutan dan memaparkan suasana seting tempat serta karakteristik tokohnya dengan detail. Tapi, tidak baik kalau terlalu vulgar ketika pengarang menceritakan kondisi daerah Hayam Wuruk dengan lokasi panti pijat plusnya.
Pada saat membaca judul besarnya, Pembaca dipastikan akan berfikir bahwa novel ini berat isinya. Tapi tak mengapa, judul novel ini sudah bombastis. Dan, ternyata isinya sangat ringan untuk ukuran tema yang sepertinya rumit ini. Tidak datar, mengalir dan tetap terjaga pada saat membaca novel ini. Hal ini tentu saja membuat pembaca tak akan merasa jenuh walaupun grafik alur ceritanya tak terlalu meningkat secara drastis.
Kalau mengandalkan isi cerita yang ditawarkan ke pasar, walaupun bagus sepertinya saya tidak yakin akan terjual laris. Kalupun ingin dipaksakan terbit, penerbit mesti membuat sebuah cover menyentak, yang secara visualisasi bisa memikat dan ada benang merahnya dengan kewaspadaan akan bencana di Nusantara secara nyata.
Keunikan tentu saja ada di novel besutan Yan Ky. Ia tidak hanya pandai berfantasi saja, pengarang juga menguasai fakta-fakta menarik soal politik, geologi, budaya, dan ekonomi. Yang dikemas dengan ringan dan nggak terlalu ngejelimet.

Edi Dimyati, Majalah HAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Facebook

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes